PROFIL
PROFIL
PENGUMUMAN
PENGUMUMAN
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
KONTAK
KONTAK
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

Gabungan Aksi Bersih - Bersih di Sungai Mangkalan

Gabungan Aksi Bersih - Bersih di Sungai Mangkalan

Sungai Mangkalan yang biasa disebut masyarakat yang berlokasi di Lingkungan Desa Adat Jenah yang juga dibawah naungan Subak Lungatad Denpasar mengalami pendangkalan dan saat musim hujan menyebabkan air sungai meluap ke jalan.

Masyarakat Banjar Jenah didampingi Perangkat Desa Peguyangan Kangin, Komunitas Peduli Sungai Denpasar,  Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera (KBS) Provinsi Bali, PUPR Kota Denpasar Bendesa Adat Jenah, Kadus serta Pekaseh Subak Lungatad melakukan aksi bersih sungai dan mengangkat endapan lumpur di Sungai Mangkalan, Jenah, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar, Minggu (1/5/22).

Pembina Komunitas Peduli Sungai Denpasar dan  penggerak Team Gila Selingkuh ( Giat Lestarikan Alam Selamatkan Lingkungan Hidup) I Gusti Rai Ari Temaja biasa disapa “Gung Nik”, mengapresiasi giat pasukan masyarakat Jenah yang sangat antusias mengkonservasi sumber air yang ada yaitu Subak Lungatad.

Komunitas Peduli Sungai Denpasar bekerjasama dengan Perangkat Desa Peguyangan Kangin, masyarakat di Banjar Jenah, Pekaseh dan PUPR Denpasar serta Tim Desa KBS Provinsi Bali mengadakan gerak bersama guna untuk penyelamatan konservasi subak yang ada di Lungatad.

Penggerak Komunitas Gila Selingkuh menyampaikan, “Mudah-mudahan ini tidak sekedar program melainkan mampu menggerakan masyarakat seutuhnya, yang jelas kita berharap sebuah berkelanjutan dan menjadi sebuah nilai serta mampu menginovasi masyarakat untuk selalu peduli dengan lingkungannya” ujarnya.

Harapan kedepannya yaitu rasa sadar terhadap masyarakat karena masih ada masyarakat yang menggunakan sungai sebagai tempat membuang sampah dan limbah.

Penggerak masyarakat Jenah Ngakan Purna Astawa menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam, apresiasi dari masyarakat, Team Gila Selingkuh, Tim KBS Provinsi Bali sudah ikut serta berpartisipasi dan bergotong royong membersihkan bantaran sungai Mangkalan tersebut.

Kedepannya, Untuk pemanfaatan sepadan Sungai Mangkalan yang bernaung dibawah Subak Lungatad, Kami Masyarakat Banjar Jenah menginginkan suatu perubahan yaitu perubahan dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk dijadikan destinasi bila memungkinkan sebagai destinasi desa wisata seperti jogging track atau kegiatan positif lainnya.

Share
Tags